28 Okt 2012

Masih Tentang Penyakit Tanaman



Dari pengalaman pribadi dan sharing dgn beberapa rekan serta dari membaca status-status digroup lain, ternyata penyakit karena jamur, nematoda dan bakteri merupakan jenis penyakit yg sering menyerang tanaman bonsai.


Awal penyakit tersebut mulai menyerang, kita tidak akan bisa mengetahuinya. Setelah ada tunas baru yg layu, ranting atau bahkan cabang yg kering dan mati, atau daun mengalami bercak-bercak baik bercak kering atau bercak basah, barulah kita kebingungan.
Dan biasanya jika tanaman sudah mengalami hal tersebut, menandakan bahwa tingkat serangan penyakit sudah lumayan parah.

Upaya pengobatan yg dilakukan bisa memakan waktu yg lama dan tingkat keberhasilannya pun belum bisa dipastikan. Hal tsb dikarenakan awal penyakit masuk, berkembangbiak serta penyebarannya rata-rata lewat jaringan fisiologis tubuh tanaman.

Maka upaya pengobatan disamping memberikan jenis obat yg bersifat kontak langsung dgn penyakit, juga perlu jenis obat yg sifat kerjanya sistemik, yaitu obat yg ketika diberikan ketanaman akan terserap ikut dalam proses fotosintesa dan akan disebarkan keseluruh bagian tubuh tanaman sehingga tanaman akan mengandung obat dan mempunyai daya tahan tersendiri terhadap penyakit.

Sekedar saran :
tindakan preventif untuk mencegah terkenanya tanaman bonsai dari serangan penyakit, ada beberapa langkah yg sebaiknya dilakukan, yaitu :

1. Selalu rutin menjaga kebersihan media tanam dgn cara membuang/mencabuti gulma yg tumbuh disekitarnya.
2. Pengaturan pemberian air penyiraman yg secukupnya supaya media tidak terlalu lembab.
3. Rutin secara berkala dan bergiliran memberikan fungisida , nematisida dan bakterisida sistemik sehingga tanaman bonsai mempunyai antibodi kekebalan tersendiri terhadap penyakit.
4. Memberikan pupuk yg baik dan tepat sesuai kebutuhan tanaman supaya tanaman tumbuh sehat dan juga mempunyai daya resistensi terhadap hama dan penyakit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar